Pengembangan Modul Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry

Rizka Aulia Putri, 180208110 (2023) Pengembangan Modul Pengelolaan Laboratorium Kimia Pada Prodi Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan, Modul, Pengelolaan Lab Kimia] Text (Penggunaan, Modul, Pengelolaan Lab Kimia)
Rizka Aulia Putri, 180208110, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian pengembangan modul pengelolaan laboratorium kimia FTK UIN Ar- Raniry dilakukan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang dilatarbelakangi dengan rendahnya pemahaman mahasiswa mengenai tata cara pengelolaan laboratorium dikarenakan oleh beberapa hal. Proses pengenalan alat dan bahan serta pengetahuan lain tentang laboratorium tanpa adanya media yang dapat digunakan oleh mahasiswa. Maka dengan adanya pengembangan modul pengelolaan laboratorium di kimia FTK UIN Ar-Raniry yang memuat tentang pengelolaan laboratorium yang dapat digunakan untuk membantu proses praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan modul pengelolaan laboratorium kimia FTK dikembangkan serta untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan modul pengelolaan laboratorium kimia FTK sebagai bahan ajar yang digunakan pada proses pengenalan laboratorium. Rancangan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) melalui prosedur tahapan 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi yang dinilai oleh 3 orang validator serta angket respon mahasiswa yang disebarkan kepada 23 mahasiswa Angkatan 2019 di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil validasi oleh ketiga validator, diperoleh skor rata-rata keseluruhan dengan presentase sebanyak 89,8 % dengan kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji coba pada mahasiswa melalui penyebaran angket respon diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 97,2 % dengan kualifikasi “sangat tertarik”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pengelolaan laboratorium kimia sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pengelolaan laboratorium kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rizka Aulia Putri Rizka
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:34
Last Modified: 09 Jan 2024 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34555

Actions (login required)

View Item
View Item