Efektivitas Penerapan Metode Tikrar dalam Menghafal Al-Qur’an di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh

Muhammad Rizki Saputra, 190201027 (2024) Efektivitas Penerapan Metode Tikrar dalam Menghafal Al-Qur’an di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Muhammad Rizki Saputra, 19020102, FTK, PAI, 085206591045.pdf] Text
Muhammad Rizki Saputra, 19020102, FTK, PAI, 085206591045.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Metode tikrar adalah bentuk sistematis dari cara menghafal al-Qur’an yang banyak diamalkan oleh para penghafal al-Qur’an dari dulu hingga sekarang. Metode ini telah digunakan oleh SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh sejak tiga tahun terakhir. Metode tikrar ini sangatlah mudah dan simpel karena tidak perlu mempelajari terlebih dahulu. Namun metode ini belum benar-benar memberikan hasil yang efektif untuk semua santri atau hanya untuk santri tertentu yang benar-benar memiliki kesadaran motivasi yang tinggi dalam menghafal al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tikrar dalam menghafal al-Qur’an di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh, untuk mengetahui tingkat keberhasilan metode tikrar dalam mengembangkan hafalan al-Qur’an bagi santri di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat menghafal al-Qur’an. Penelitian ini berupa penelitian dekskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun objek dalam penelitian ini adalah efektivitas penerapan metode tikrar dalam menghafal al-Qur’an di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah ustadz/musyrif selaku pengajar tahfidz di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh berjumlah 1 orang dan santri putra yang berjumlah 4 orang yang diambil secara representative atau mewakili dari 2 halaqah tahfidz yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, efektivitas penerapan metode tikrar dalam menghafal al-Qur’an di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh sangat efektif dan dapat membantu para santri dalam mengingat hafalan al-Qur’annya, dan para santri disitu lebih mengedepankan kualitas hafalan al-Qur’an dibandingkan dengan kuantitas hafalannya. Adapun tingkat keberhasilan penerapan metode tikrar dalam mengembangkan hafalan al-Qur’an santri tahfidz di SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh mencapai target hafalan al-Qur’an 70% dan memiliki hasil pencapaian hafalan al-Qur’an sangat baik, meskipun ada hafalannya sedikit, akan tetapi dari segi tajwid dan makharijul huruf, mereka bagus-bagus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rizki Saputra
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:59
Last Modified: 09 Jan 2024 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34556

Actions (login required)

View Item
View Item