Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V pada Pelajaran Matematika di MIN 2 Banda Aceh

Mauliza, 201223354 (2017) Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V pada Pelajaran Matematika di MIN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Metode Pembelajaran Course Review Horay (CRH))
Mauliza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang terjadi di sekolah MIN 2 Banda Aceh yaitu kesulitan dalam mengikuti pembelajaran matematika, hasil belajar siswa rendah. Hal ini karena kurangnya minat belajar siswa. Minat belajar dapat dilakukan melalui menciptakan suasana santai saat belajar, memberikan kesempatan bermain, karena permainan akan lebih baik jika dikaitkan dengan materi pelajaran matematika. Maka peneliti mengangkat judul untuk membangkitkan minat belajar siswa, salah satu diantaranya yaitu memperkenalkan kepada anak-anak berbagai macam kegiatan-kegiatan belajar, seperti bermain sambil belajar matematika sehingga anak didik menunjukkan minat belajar yang besar yaitu dengan metode Course Review Horay (CRH). Tujuan penelitian ini adalah pertama: mengetahui aktivitas guru dengan penerapan Course Review Horay (CRH), kedua: mengetahui hasil belajar dengan penerapan metode Course Review Horay (CRH), ketiga: mengetahui minat belajar dengan penerapan metode Course Review Horay (CRH) pada materi “Pengukuran Waktu” kelas V semester Ganjil. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas V MIN 2 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, soal tes hasil belajar dan angket peningkatan minat dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan hasil pertama: aktivitas guru pada siklus I sebesar 54,7% berada pada kategori kurang, meningkat pada siklus II sebesar 64,2% pada katagori cukup, dan meningkat pada siklus III sebesar 85,2% pada kategori sangat baik, kedua: hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 11 siswa (31,4%) tuntas belajar dan terdapat 24 siswa (68,5%) masih dibawah KKM, meningkat pada siklus II terdapat 25 siswa (71,4%) tuntas belajar dan terdapat 10 siswa (28,5%) masih dibawah KKM, dan meningkat pada siklus III sebanyak 30 siswa (85,7%) tuntas belajar dan terdapat 5 siswa (14,2%) masih dibawah KKM, ketiga: minat belajar siswa pada siklus I (22,6%) pada kategori cukup yang tertarik, siklus II (28,84%) pada kategori cukup yang tertarik, dan pada siklus III meningkat (35,52%) pada kategori banyak yang tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V MIN 2 Banda Aceh sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Ridwad, M. Daud, M.Ed P 2.Nida Jarmita, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode (CRH), Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mauliza Yusuf
Date Deposited: 12 Apr 2018 03:34
Last Modified: 12 Apr 2018 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item
TOP