Cahaya Intan Lestari, 180201099 (2024) Upaya Guru Pai Dalam Pembinaan Moderasi Beragama Di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Upaya Guru Pai Dalam Pembinaan Moderasi Beragama Di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cahaya Intan Lestari, 180201099, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
Moderasi beragama sangat perlu ditanamkan kepada siswa agar tercipta hubungan harmonis antara guru, siswa, masyarakat dan lingkungan sekitar sehingga tercipta lingkungan yang damai dan aman dari berbagai ancaman. Berdasarkan fenomena tersebut terlihat bahwa banyak konflik beragama terjadi karena saling menganggap mereka adalah yang baik, tanpa melihat kultur agama,. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana peran guru PAI dalam pembinaan moderasi Beragama di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh?. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan moderasi Beragama di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh? Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini 1)Adapun peran guru PAI dalam pembinaan moderasi beragama di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh yaitu, peran guru dalam melakukan penanaman moderasi beragama pada siswa SMKN 5 Telkom Banda Aceh yaitu membangun sikap saling menghormati, menghargai keyakinan yang berbeda, mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam materi pembelajaran, mengajarkan tentang toleransi serta saling menghormati. 2)Faktor pendukung yang dilakukan oleh guru di SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh yaitu: untuk menjaga toleransi kehidupan beragama, menjaga kesatuan dan persatuan berbeda-beda akan tetapi tetap rukun, sedangkan faktor penghambatnya yaitu timbul nya kecemburuan dari siswa lain ketika siswa non muslim tidak mengikuti acara keagamaan Islam para siswa beranggapan siswa non muslim merasa enak karena tidak ikut jadi bisa main-main di kelas dan segala macamnya dan tantangan dalam mengatasi respon emosional antara siswa, diskusi tentang agama dan nilai-nilai moderasi dapat memicu respon emosional dari siswa atau kelompok tertentu, yang dapat menghambat komunikasi terbuka. Simpulan Maka dengan adanya penanaman moderasi agama bagi siswa, siswa akan saling hidup rukun dan damai selama di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Cahaya Intan Lestari |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:18 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34562 |