Evaluasi Keterpakaian Koleksi Hibah Bank Indonesia Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh

Wardian Saputra, 180503080 (2024) Evaluasi Keterpakaian Koleksi Hibah Bank Indonesia Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Evaluasi Keterpakaian Koleksi Hibah Bank Indonesia Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh] Text (Evaluasi Keterpakaian Koleksi Hibah Bank Indonesia Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh)
Wardian Saputra, 180503080, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Evaluasi Keterpakaian Koleksi Hibah Bank Indonesia di Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keterpakaian koleksi hibah di Perpustakaan STIES Banda Aceh. Adapun tujuan penelitian ini yaitu bagaimana keterpakaian koleksi hibah dan apa upaya yang dilakukan pihak perpustakaan dalam memaksimalkan keterpakaian koleksi hibah dari Bank Indonesia pada Perpustakaan STIES Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Perpustakaan STIES Banda Aceh, sedangkan obyek pada penelitian ini adalah seluruh koleksi yang dihibahkan bank indonesia kepada Perpustakaan STIES Banda Aceh. Kredibilitas data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterpakaian koleksi hibah BI yang tersedia di Perpustakaan STIES Banda Aceh terbilang sangat rendah dapat dilihat data peminjaman koleksi hibah pengayaan bulan maret 2022 sampai Mei 2023, dari 290 judul koleksi hibah dan 299 eksemplar, dapat dihitung keterpakaian koleksi tersebut hanya sekitar 3,79%, dikarenakan kurangnya minat kunjung dan koleksi yang dirasa belum memadai oleh mahasiswa. Upaya yang dilakukan pihak perpustakaan dalam meningkatkan keterpakaian koleksi hibah BI dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi juga kurang efektif dalam meningkatkan keterpakaian koleksi hibah BI di Perpustakaan STIES Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Wardian Saputra
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:33
Last Modified: 09 Jan 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34569

Actions (login required)

View Item
View Item