Karakteristik Lichenes Di Hutan Kota Desa Tibang Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah

Farra Zukhaira, 170207131 (2024) Karakteristik Lichenes Di Hutan Kota Desa Tibang Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Karakteristik Lichenes Di Hutan Kota Desa Tibang Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah] Text (Karakteristik Lichenes Di Hutan Kota Desa Tibang Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Rendah)
Farra Zukhaira, 170207131, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Karakteristik lichenes yang ditemukan terlihat berbeda-beda, baik dari segi warna, tipe tipe thallus dan tempat pelekatan/ habitatnya. Lichenes adalah lumut kerak yang merupakan bentuk simbiosis mutulisme (saling menguntungkan) antar jamur (fungi) dan ganggang (alga). Penelitian ini dilakukan di hutan kota desa Tibang Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui karakteristik lichenes di hutan kota desa Tibang Banda Aceh dan mengetahui analisis uji kelayakan booklet dari hasil penelitian karakteristi lichenes di hutan kota desa Tibang Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kombinasi antara line transek dan metode petak kuadrat. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif yaitu dengan mencantumkan Famili dan nama ilmiah yang disajikan dalam bentuk tabel dan gambar serta mendeskripsikan morfologi masing-masing spesies sedangkan data kuantitatif menggunakan rumus persentase pada hasil uji kalayakan booklet. Jenis lichenes yang diperoleh di hutan kota ialah 16 jenis lichenes yang berasal dari 10 Famili dan jenis Famili yang paling banyak ditemukan yaitu Parmeliaceae dengan jumlah 3 jenis lichenes sedangkan jenis lichenes yang paling sedikit jenis Coloplaca sp sebanyak 4 individu dari famili Teloschistales. Pemanfaatan hasil penelitian dibuat dalam bentuk booklet dan memperoleh nilai dari hasil uji kelayakan sebanyak 88,83% dikategorikan sangat layak, perolehan nilai tersebut diperoleh dari uji kelayakan media dan materi oleh validator dengan nilai persentase 91% dikatakan sangat layak pada kelayakan media dan 86,66% dikategorikan sangat layak pada uji kelayakan materi. Jenis lichenes di hutan kota memiliki warna yang berbeda namun umumnya berwarna hijau abu-abu dan memiliki 2 tipe thallus yaitu Crustose dan Foliose dan hasil dari uji kelayakan pada booklet dinyakatakn sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Lichenes, Hutan Kota Desa Tibang, Referensi, Botani Tumbuhan Rendah.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Farra Zukhaira
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:15
Last Modified: 09 Jan 2024 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34571

Actions (login required)

View Item
View Item