Penerapan Metode Muraja’ah dalam Peningkatan Kelancaran Hafalan Al-Qur’an Siswa di SMP Ulumul Qur’an Pidie Jaya

Muhammad Aqil Afdhal, 190201067 (2023) Penerapan Metode Muraja’ah dalam Peningkatan Kelancaran Hafalan Al-Qur’an Siswa di SMP Ulumul Qur’an Pidie Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Metode Muraja’ah, Hafalan Al-Qur’an.] Text (Metode Muraja’ah, Hafalan Al-Qur’an.)
Muhammad Aqil Afdhal, 190201067, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan tentang metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an bagi siswa di SMP Ulumul Qur’an Pidie Jaya. Metode yang digunakan adalah muraja’ah, penerapan metode ini bertujuan agar siswa di sekolah tersebut mampu menghafal sampai juz 15 dalam jangka waktu 3 tahun dan lancar akan hafalannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode ini dipilih karena mampu mendeskripsikan secara mendalam dari fenomea yang dikaji. Adapun objek penelitian ini adalah penerapan metode muraja’ah dalam peningkatan hafalan Al-Qur’an siswa, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah Ustadz/Ustadzah dan siswa di SMP Ulumul Qur’an Pidie Jaya yang berjumlah 16 orang diambil secara representative atau yang mewakili seluruh ustadz/ustadzah dan siswa di SMP Ulumul Qur’an Pidie Jaya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari beberapa bagian sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode muraja’ah di SMP Ulumul Qur'an Pidie Jaya terdiri dari 4 pelaksanaan, yaitu: a, Muraja’ah hafalan baru kepada ustadz/ustazah, b. Muraja’ah hafalan lama kepada ustadz/ustazah, c. Muraja’ah hafalan baru bersama teman, d. Muraja’ah secara bersama-sama. Adapun kendala dalam penerapan metode muraja’ah di SMP Ulumul Qur’an Pidie Jaya terdiri dari dua kendala yaitu: pertama, siswa sering tidak fokus disebabkan oleh umur mereka yang masih tergolong anak-anak, kedua, malas, hal ini disebabkan oleh kurangnya motivasi baik dari orang tua ataupun pengaruh lingkungan sekitarnya. Sedangkan hasil penerapan metode muraja’ah di SMP Ulumul Qur'an Pidie Jaya dapat diketahui apabila metode berjalan secara sempurna maka target yang telah di tetapkan akan tercapai dengan baik, yaitu siswa di sekolah tersebut bisa menghafal dalam waktu yang relatif singkat dan juga memiliki hafalan yang lancar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Aqil Afdhal
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:35
Last Modified: 09 Jan 2024 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34573

Actions (login required)

View Item
View Item