Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa di MAN 5 Aceh Besar

Nadiatul Khaira, 190201115 (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa di MAN 5 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa di MAN 5 Aceh Besar] Text (Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa di MAN 5 Aceh Besar)
SKRIPSI NADIATUL KHAIRA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Guru selain sebagai pendidik dan pengajar juga berperan sebagai motivator bagi siswanya, karena dengan demikian siswa tidak akan mengalami kejenuhan sehingga minat dan motivasi siswa dalam belajar meningkat. Namun pada kenyataannya terdapat beberapa permasalahan mengenai motivasi belajar siswa, diantarnya masih ada siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti mata pelajaran agama, hal itu dapat dilihat ketika guru menjelaskan siswa tidak memperhatikan. Ada yang tidur dan berbicara dengan teman sebangkunya saat guru mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode abservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Upaya yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan mengkondisikan dan melihat situasi siswa, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, memberikan reward berupa nilai dan pujian, memberikan hukuman yang mendidik, dan melakukan program-program bakat minat yang dapat menunjang motivasi siswa.(2) Hambatan yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa diantaranya yaitu: kurangnya minat siswa dalam proses pembelajaran, pengaruh teman sebaya, kurangnya kepeduliaan dari orang tua, dan sarana sekolah yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadiatul Khaira Nadia
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:35
Last Modified: 09 Jan 2024 03:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34576

Actions (login required)

View Item
View Item