Rancang Bangun Aplikasi Deteksi Jamur Pada Roti Berbasis Mobile

Muhammad Ghazi Siddiq, 190705044 (2023) Rancang Bangun Aplikasi Deteksi Jamur Pada Roti Berbasis Mobile. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Rancang Bangun Aplikasi Deteksi Jamur Pada Roti Berbasis Mobile] Text (Rancang Bangun Aplikasi Deteksi Jamur Pada Roti Berbasis Mobile)
tugas akhir new rev.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Jamur dapat muncul karena beberapa faktor seperti kondisi lingkungan yang kurang baik, sanitasi yang buruk, kualitas bahan baku yang rendah, dan lain-lain. Hal ini menyebabkan jamur menjadi masalah yang serius dalam industri roti. Selain menurunkan kualitas roti, jamur juga dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi konsumen. Dalam era teknologi informasi yang terus berkembang pesat, penggunaan teknologi mobile dan Artificial Intelligence (AI) dapat memberikan solusi yang inovatif dalam mendeteksi jamur pada roti secara otomatis dan cepat. Dengan memanfaatkan kemampuan pengolahan citra dan algoritma YOLO, aplikasi deteksi jamur pada roti berbasis mobile dapat memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan. Tugas akhir ini merincikan pengembangan aplikasi berbasis mobile yang diberi nama "Mold Detector" (mold.apk), yang dikembangkan dengan menggunakan Java Android Project. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi keberadaan jamur pada permukaan roti dengan memanfaatkan kamera ponsel. Pengembangan aplikasi ini didasarkan pada pemanfaatan library TensorFlow Lite dan YOLOv5 untuk mengembangkan model deteksi objeknyaKesimpulan dari rancang bangun ini adalah berhasilnya pengembangan aplikasi pendeteksi jamur berbasis mobile. Aplikasi ini menggunakan algoritma YOLO yang telah diadaptasi ke dalam model TFLite. Hasil uji coba menunjukkan tingkat keberhasilan deteksi jamur rata-rata di atas 50%, menegaskan potensi aplikasi ini untuk membantu pengguna mengidentifikasi jenis-jenis jamur secara lebih efektif dan efisien melalui perangkat mobile.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: UPT Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Ghazi Siddiq Ghazi
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:51
Last Modified: 09 Jan 2024 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34581

Actions (login required)

View Item
View Item