Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MIN 20 Aceh Besar

Hamida, 190202157 (2024) Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MIN 20 Aceh Besar] Text (Penggunaan Media Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MIN 20 Aceh Besar)
Hamida, 190202157, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pertama peneliti pada kelas V di MIN 20 Aceh Besar, menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum paham belajar Bahasa Arab khususnya pada pembelajaran Mufradat dan mereka menghadapi kesulitan dalam mufradat serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran khususnya Bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dan respon siswa dalam menggunakan media diorama untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian ekperimen dengan tipe One Group Pre-test Post-test Design. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas V MIN 20 Aceh Besar yang berjumlah 144 siswa sedangkan sampelnya yaitu berjumlah 30 siswa di kelas V (a). Adapun instrument yang digunakan peneliti yaitu tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media diorama ini efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap kosakata dalam pembelajaran Bahasa Arab. Dengan hasil tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa (Ho) ditolak dan (Ha) dapat diterima yaitu menggunakan media diorama itu efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap kosakata dalam pembelajaran Bahasa Arab. Sedangkan dalam menganalisis data kuesioner, diperoleh hasil sebesar 90% yang menunjukkan tanggapan siswa saat menggunakan media Diorama untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap kosakata adalah “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hamida Hamida
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:38
Last Modified: 09 Jan 2024 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34582

Actions (login required)

View Item
View Item