Implementasi Metode Talaqqi Dalam Proses Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Siswa SDTQ Nurun Nabi Lambhuk Banda Aceh

Nurul Khalisah, 190201021 (2024) Implementasi Metode Talaqqi Dalam Proses Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Siswa SDTQ Nurun Nabi Lambhuk Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Metode Talaqqi Dalam Proses Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Siswa SDTQ Nurun Nabi Lambhuk Banda Aceh] Text (Implementasi Metode Talaqqi Dalam Proses Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an Siswa SDTQ Nurun Nabi Lambhuk Banda Aceh)
Nurul Khalisah, 190201021, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Sekolah Dasar Tahfidzul Qur’an Nurun Nabi merupakan salah satu lembaga formal yang memiliki program menghafal al-Qur’an seperti sekolah dasar islam terpadu pada umumnya, namun yang membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya yaitu program menghafal al-Qur’an dengan menggunakan Metode Talaqqi. Hal ini di latarbelakangi karena adanya kekeliruan siswa dalam menghafal al-Qur’an. Maka dari itu SDTQ Nurun Nabi memilih Metode Talaqqi dalam proses pembelajaran hafalan al-Qur’an agar tujuan yang diinginkan tercapai dengan sempurna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, keunggulan dan kendala dalam proses pembelajaran hafalan al-Qur’an siswa SDTQ Nurun Nabi Lambhuk Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan menghafal al-Qur’an menggunakan Metode Talaqqi yaitu silabus merujuk atau berpedoman pada kurikulum yang telah ada, yang disusun oleh Ketua Lembaga Tahfidz Al-Qur’an (LTA), dengan tujuan agar pencapaian target hafalan yang telah ditetapkan bagi siswa yakni satu tahun satu juz. 2) Dalam pelaksanaan Metode tersebut yaitu; ustadzah membacakan ayat yang akan dihafal, siswa mendengarkan ayat yang dibacakan oleh ustadzah, kemudian siswa menirukan cara membaca ayat yang sudah didengar sesuai dengan yang dibaca oleh ustadzah. 3) Keunggulan menggunakan Metode Talaqqi menjadikan bacaan siswa sesuai dengan makhraj dan tajwid yang diajarkan, sehingga bacaan siswa menjadi sempurna, adanya kemudahan interaksi dan koreksi langsung terhadap bacaan hafalan siswa SDTQ Nurun Nabi dan yang menjadi kendala dari penerapan metode tersebut adalah praktek langsung satu persatu hal ini menimbulkan kebosanan pada siswa dan membutuhkan waktu yang lama dan adanya ruangan yang tidak kondusif dan sedikit ribut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Khalisah
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:50
Last Modified: 09 Jan 2024 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34584

Actions (login required)

View Item
View Item