Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Mempertahankan Dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Banda Aceh

Fikry Satria, 180603097 (2023) Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Dalam Mempertahankan Dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Customer Relationship Management] Text (Implementasi Customer Relationship Management)
Fikry Satria, 180603097, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Customer Relationship Management merupakan dimensi lain dari sebuah bisnis yang digunakan untuk mendeskripsikan apa yang diinginkan pelangan atau nasabah. Customer Relationship Management memiliki tujuan menemukan pelanggan, mengenali pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi dan peran Customer Relationship Management dalam meningkatkan dan mempertahankan nasabah pada bank Syariah Indonesia Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dengan metode wawancara. Informan dalam penelitian ini merupakan staff Digital & Retail Sales, serta Operations & Service di Bank Syariah Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi CRM di Bank Syariah Indonesia Banda Aceh dilakukan dengan tiga indikator utama yaitu People (orang) merupakan tenaga ahli mempunyai kemampuan yang tangguh, sikap (attitude), semangat, dalam bekerja, disiplin, menghargai waktu, dapat menjaga kepercayaan, jujur, dapat bekerja sama, komunikatif, koordinatif dan friendly, kedua yaitu Proses, yang mencakup mengidentifikasi data nasabah, diferensiasi, kostumisasi, berbagi informasi, dan kemitraan jangka panjang. Ketiga penggunaan teknologi dan otomatisasi layanan dengan memberikan pelayanan yang memudakan masyarakat dalam bertransaksi seperti, BSI Mobile Banking, BSI Net Banking, ATM setor dan tarik tunai serta ATM drive true. CRM pada Bank Syariah Indonesia Banda Aceh berperan aktif dalam meningkatkan jumlah nasabah hal itu dapat dilihat dari mereka yang sering melakukan kerjasama dengan beberapa lembaga maupun yayasan seperti Sekolah, Masjid dan Universitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Fikry Satria Fikry
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:03
Last Modified: 09 Jan 2024 04:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34598

Actions (login required)

View Item
View Item