Analisis Sistem Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Koperasi Karyawan PT SAI Aceh)

Muhammad Bustamam, 201008025 (2024) Analisis Sistem Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Koperasi Karyawan PT SAI Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana Ekonomi Syariah.

[thumbnail of Analisis Sistem Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) Dalam  Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Koperasi Karyawan PT SAI Aceh)] Text (Analisis Sistem Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Koperasi Karyawan PT SAI Aceh))
Muhammad Bustaman, 201008025, Pascasarjana, ES.pdf - Published Version

Download (15MB)

Abstract

Koperasi merupakan suatu kerjasama yang dibangun berdasarkan persamaan kedudukan sebagai manusia dengan tidak membedakan segala apapun. Dalam syariat Islam kerjasama semacam ini biasa disebut dengan istilah syirkah, yaitu penggabungan harta antara satu pihak dengan pihak yang lainnya dan terdapat sebuah kerjasama disertai dengan keuntungan yang sesuai dengan modal masing-masing. Pada pembagian SHU koperasi PT SAI tidak dilihat dari partisasi anggota tetapi pada modal, tidak secara pada umumnya. Permasalahan dalam tesis terkait dengan bagaimana sistem perolehan SHU, yaitu pembagian pada sisa hasil usaha (SHU) Koperasi karyawan PT SAI dan bagaimana sudut pandang ekonomi Islam terhadap sistem bagi hasil yang diaplikasikan pada Koperasi karyawan PT SAI. Metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis adalah metode yang digunakan dalam penulisan tesis ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan, dalam perolehan SHU, koperasi mempunyai beberapa kegiatan usaha, simpan pinjam, pembiayaan, penyediaan barang, CSR, dan anak peruhaan koperasi yaitu PT Jasa Mitra Kreasi. Pembagian sisa hasil usaha dilihat pada besarnya keuntungan yang diperoleh setiap anggota yang berdasarkan porsi modal dan keuntungan yang diperoleh secara umum. Adapun keuntungan yang diperoleh setiap anggota yaitu dari SHU anggota dengan proporsi 80:20, 80% untuk porsi modal dan 20% untuk seluruh anggota koperasi yang sejak awal telah ditentukan pada tahun buku tersebut. Sedangkan kerugian dibebankan kepada setiap anggota berdasarkan porsi modal dari masing-masing anggota. Sistem pembagian bagi hasil SHU pada Koperasi PT SAI dilihat menurut hukum Ekonomi Islam telah sesuai dengan bentuk akad musyarakah atau syirkah al-inan dalam konsep Fiqh Muamalah, dikarenakan keuntungan didapatkan seluruh anggota koperasi sesuai dengan transaksi modal masing-masing anggota, dan sama halnya dengan kerugian yang ditanggung bersama sesuai dengan porsi modal dari masing-masing anggota.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Bustamam
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:05
Last Modified: 09 Jan 2024 04:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34600

Actions (login required)

View Item
View Item