Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Aceh

Riska Garnella, 211008040 (2024) Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tingkat Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Kesehatan, Pendidikan dan Standar Hidup Layak] Text (Tingkat Kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, Kesehatan, Pendidikan dan Standar Hidup Layak)
Riska Garnella, 211008040, PASCA, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Peningkatan pertumbuhan ekonomi dapat menekan jumlah kemiskinan di suatu provinsi. Pertumbuhan ekonomi biasanya diikuti oleh peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Namun, yang terjadi di provinsi Aceh berbanding terbalik yaitu masih ada beberapa kabupaten kota di provinsi aceh dalam pertumbuhan dan peningkatan ekonomi masih belum stabil. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi di daerah tersebut belum mampu menurunkan angka kemiskinan secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat dan pengaruh indeks pembangunan manusia terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Aceh tahun 2013-2022. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dengan cross section 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh dan time series selama 10 tahun dengan menggunakan aplikasi Eviews13. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model yang terbaik setelah dilakukan uji Chow dan uji Hausmant adalah Fixed effect Model. Secara Parsial Hasil analisis variabel kesehatan, pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Aceh. Sedangkan standar hidup layak berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Aceh. Secara simultan kesehatan, pendidikan, standar hidup layak secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Aceh

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Riska Garnella Riska
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:49
Last Modified: 09 Jan 2024 07:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34604

Actions (login required)

View Item
View Item