Analisis Pengaruh Pengetahuan Kehalalan dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dalam Pembelian Produk Impor secara Online (Suatu Penelitian pada Konsumen Muslim di Provinsi Aceh)

Nur Ulfia, 211008027 (2023) Analisis Pengaruh Pengetahuan Kehalalan dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dalam Pembelian Produk Impor secara Online (Suatu Penelitian pada Konsumen Muslim di Provinsi Aceh). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pengaruh Pengetahuan Kehalalan dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dalam Pembelian Produk Impor secara Online (Suatu Penelitian pada Konsumen Muslim di Provinsi Aceh)] Text (Analisis Pengaruh Pengetahuan Kehalalan dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumen Muslim Dalam Pembelian Produk Impor secara Online (Suatu Penelitian pada Konsumen Muslim di Provinsi Aceh))
9. FULL TESIS (4).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan variabel pengetahuan kehalalan dan religiusitas sebagai variabel independen utama. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan Theory of Reason Action sebagai kerangka teori untuk menganalisis perilaku konsumen muslim dalam pembelian produk impor secara online. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pengetahuan kehalalan, religiusitas, sikap, norma subjektif dan niat terhadap perilaku konsumen muslim dalam pembelian produk impor secara online. Data dianalisis menggunakan analisis jalur untuk menguji model dengan perangkat SPSS 23. Penelitian ini menggunakan 200 sampel yang valid dari konsumen muslim, khususnya masyarakat provinsi Aceh. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa secara langsung variabel sikap, norma subjektif, dan niat memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku, tetapi pengetahuan kehalalan dan religiusitas tidak memiliki pengaruh. Secara tidak langsung, variabel religiusitas memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumen muslim dalam pembelian produk impor secara online melalui mediasi niat. Sedangkan variabel pengetahuan kehalalan, sikap, dan norma subjektif tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumen muslim melalui mediasi niat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Ulfia Fia
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:09
Last Modified: 10 Jan 2024 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34605

Actions (login required)

View Item
View Item