Metode Pengelolaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Padagogik Guru di SMAN 1 Blangkejeren Gayo Lues

Ilham, 170206029 (2023) Metode Pengelolaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kompetensi Padagogik Guru di SMAN 1 Blangkejeren Gayo Lues. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Pembelajaran,  Meningkatkan Kompetensi Padagogik Guru] Text (Pengelolaan Pembelajaran, Meningkatkan Kompetensi Padagogik Guru)
Ilham, 170206029, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Metode Pengelolaan pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran atau suatu proses penyelenggaraan interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara pengelolaan prencanaan pemebelajaran dalam meningkatkan kompetensi padagogik dan menegtahui model pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMAN 1 Blangkejeren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang akan diambil dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru, antara lain guru sejarah, guru geografi dan guru sosiologi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan sudah bagus dapat dilihat dari pengelolaan perencanaan pembelajaran, mekanisme pelaksanaan pemebelajaran, system penilaian yang dilaksanakan. Terkait dukungan yang diberikan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogic, kepala sekolah mengadakan pelatihan-pelatihan bagi guru, hambatan yang alami dalam pegelolaan media pendukung pembelajaran masih tidak mencukupi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ilham Ilham
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:01
Last Modified: 10 Jan 2024 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34611

Actions (login required)

View Item
View Item