Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Mind Mapping Berbantuan Sigil Software Pada Materi Impuls Dan Momentum Linear Di SMA/MA

Irkatul Nadia, 200204011 (2024) Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Mind Mapping Berbantuan Sigil Software Pada Materi Impuls Dan Momentum Linear Di SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Mind Mapping Berbantuan Sigil Software Pada Materi Impuls Dan Momentum Linear Di SMA/MA] Text (Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Mind Mapping Berbantuan Sigil Software Pada Materi Impuls Dan Momentum Linear Di SMA/MA)
Irkatul Nadia, 200204011, FTK, PFS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Materi impuls dan momentum linier merupakan salah satu materi fisika kelas X pada semester genap yang relatif rumit. Secara umum, peserta didik di SMA Negeri 1 Trienggadeng menganggap materi impuls dan momentum linier adalah salah satu materi fisika yang sulit dipahami. Kesulitan tersebut terletak pada media pembelajaran yang hanya menggunakan buku cetak saja dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi impuls dan momentum linier yang bersifat abstrak. Sehingga dibutuhkan media E-LKPD Interaktif sebagai media pembelajaran selain buku cetak yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi impuls dan momentum linier. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) desain E-LKPD Interaktif berbasis mind mapping berbantuan sigil software pada materi impuls dan momentum linier (2) kelayakan E-LKPD Interaktif berbasis mind mapping berbantuan sigil software pada materi impuls dan momentum linier. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dan model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model allesi dan trollip. Alessi dan trollip terdiri dari tiga tahapan penelitian yaitu planning (perencanaan), design (perancangan), dan development (pengembangan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi oleh ahli media, ahli materi dan lembar validasi kepraktisan oleh peserta didik. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis mind mapping berbantuan sigil software pada materi impuls dan momentum linier yang dikembangkan sangat layak digunakan dengan memperoleh skor rata-rata 95,41% dengan katerogi penilaian sangat valid. Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 96,07% dengan kategori penilaian sangat valid, dan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 94,75% kategori penilaian sangat valid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Irkatul Nadia
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:24
Last Modified: 10 Jan 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34614

Actions (login required)

View Item
View Item