Efektivitas Pelayanan Kesehatan Clinical Pathway Pada Rsud dr. Fauziah Bireuen

Muhammad Rafli, 190802049 (2023) Efektivitas Pelayanan Kesehatan Clinical Pathway Pada Rsud dr. Fauziah Bireuen. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas, Pelayanan Kesehatan, Clinical Pathway] Text (Efektivitas, Pelayanan Kesehatan, Clinical Pathway)
Muhammad Rafli, 190802049, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan penyelenggara pelayanan kesehatan yang bersifat promotive, preventif, kuratif, dan rehabilitative. Untuk memenuhi tugasnya sebagai pemberi pelayanan, rumah sakit memerlukan suatu perangkat strategis yang dijadikan alat untuk menunjang pelayanan. Dalam hal ini rumah sakit menggunakan suatu konsep pelayanan yaitu clinical pathway. Pelayanan yang berkualitas menjadi tolak ukur untuk melihat keberhasilan rumah sakit dalam pemberian pelayanan kepada pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Efektivitas pelayanan dalam penerapan clinical pathway pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). dr. Fauziah Bireuen, dan apa saja yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan clinical pathway. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui cara mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan clinical pathway dalam penerapannya berjalan dengan efektif dibuktikan dengan sumber daya sarana dan prasarana yang memadai, mutu pelayanan yang berkualitas dan telah diatur didalam SOP clinical pathway, serta proses pelayanan yang efisien. Namun dalam proses pelaksanaanya masih terdapat beberapa faktor penghambat seperti pada aspek internal dimana terkadang rumah sakit kehabisan obat-obatan yang sudah tercatat di dalam prosedur, serta terdapat tenaga kesehatan yang tidak hadir saat pelatihan di adakan, serta pada faktor eksternal masih terdapatnya pasien yang menjadi penyebab terkendalanya prosedur karena ketidaktaatan terhadap prosedur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Muhammad Rafli Rafli
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:24
Last Modified: 10 Jan 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34618

Actions (login required)

View Item
View Item