Abdul Hadi, 2129068201, . (2014) Dimensi Pendidikan Islam(Analisis terhadap Konsep Al-Nas, Al-Basyar dan Al-Insan dalam Al-Qur’an). SINTESA, 14 (1). pp. 1-12. ISSN 1416-0623
SINTESA NO.1 2014.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Form A dan Form C.pdf
Download (473kB) | Preview
Abstract
Sumber utama pendidikan dalam Islam adalah Al-Quran dan al-Hadits, dari kedua sumber tersebut jika digali dengan sungguh-sungguh akan muncul berbagai teori dan konsep yang dapat dijadikan sebagai rujukan, landasan dalam pengembangan praktik pendidikan, baik menyangkut tujuan, kurikulum, materi, metode, dan evaluasai. Sasaran utama dalam pendidikan adalah manusia, yang bisa berfungsi sebagai sabjek dan objek. Untuk dapat mengenal esensi dari manusia, maka sumber utama yang harus dijadikan rujukan adalah Al-Quran. Banyak ayat-ayat Al-Quran yang menyinggung tentang manusia, baik dari aspek fisik, maupun psikisnya. Secara garis besar, ayat Al-Quran yang membicarakan tentang manusia dapat dikelompokkan dalam tiga macam, yaitu: pertama, kelompok ayat yang membicarakan tentang aspek fisik mansuai, ayat seperti ini menggunakan terma al- basyar; kedua, kelompok ayat yang membicarakan manusia dari sisi fisik dan psikologis sekaligus, kelompok ayat ini menggunakan kata kunci al- Unas, al- Nas, bani adam dan an nafs untuk manusia; ketiga, kelompok ayat yang secara khusus membicarakan manusia dari aspek psikis, kelompok ayat ini memggunakan kata kunci, al-Aql, al-Qalb, al- Ruh, dan al- Fitrah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, al-Nas, al-Basyar, al-Insan |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dr. Abdul Hadi |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 09:56 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 09:59 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3462 |