Dimensi Pendidikan Islam(Analisis terhadap Konsep Al-Nas, Al-Basyar dan Al-Insan dalam Al-Qur’an)

Abdul Hadi, 2129068201, . (2014) Dimensi Pendidikan Islam(Analisis terhadap Konsep Al-Nas, Al-Basyar dan Al-Insan dalam Al-Qur’an). SINTESA, 14 (1). pp. 1-12. ISSN 1416-0623

[img]
Preview
Text (Membahas tentang dimensi-dimensi pendidikan Islam yang terdapat dalam Alquran)
SINTESA NO.1 2014.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form A dan Form C.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Sumber utama pendidikan dalam Islam adalah Al-Quran dan al-Hadits, dari kedua sumber tersebut jika digali dengan sungguh-sungguh akan muncul berbagai teori dan konsep yang dapat dijadikan sebagai rujukan, landasan dalam pengembangan praktik pendidikan, baik menyangkut tujuan, kurikulum, materi, metode, dan evaluasai. Sasaran utama dalam pendidikan adalah manusia, yang bisa berfungsi sebagai sabjek dan objek. Untuk dapat mengenal esensi dari manusia, maka sumber utama yang harus dijadikan rujukan adalah Al-Quran. Banyak ayat-ayat Al-Quran yang menyinggung tentang manusia, baik dari aspek fisik, maupun psikisnya. Secara garis besar, ayat Al-Quran yang membicarakan tentang manusia dapat dikelompokkan dalam tiga macam, yaitu: pertama, kelompok ayat yang membicarakan tentang aspek fisik mansuai, ayat seperti ini menggunakan terma al- basyar; kedua, kelompok ayat yang membicarakan manusia dari sisi fisik dan psikologis sekaligus, kelompok ayat ini menggunakan kata kunci al- Unas, al- Nas, bani adam dan an nafs untuk manusia; ketiga, kelompok ayat yang secara khusus membicarakan manusia dari aspek psikis, kelompok ayat ini memggunakan kata kunci, al-Aql, al-Qalb, al- Ruh, dan al- Fitrah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, al-Nas, al-Basyar, al-Insan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Abdul Hadi
Date Deposited: 25 Apr 2018 09:56
Last Modified: 27 Mar 2019 09:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3462

Actions (login required)

View Item View Item
TOP