Kemampuan Pemanfaatan Indeks Al-Qur’an Oleh Pustakawan Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry

Dian Uswatun Hasanah Sy.R, 180503002 (2024) Kemampuan Pemanfaatan Indeks Al-Qur’an Oleh Pustakawan Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Kemampuan Pemanfaatan Indeks Al-Qur’an Oleh Pustakawan Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry] Text (Kemampuan Pemanfaatan Indeks Al-Qur’an Oleh Pustakawan Di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry)
Dian Uswatun Hasanah Sy.R, 180503002, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan pemanfaatan indeks Al-Quran penting bagi pustakawan agar bisa membantu pemustaka mencari informasi rujukan tentang Al-Quran. Skripsi ini mencoba membahas tentang bagaimana kemampuan pemanfaatan indeks Al-Qur’an oleh Pustakawan di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemanfaatan indeks Al-Quran oleh pustakawan di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini ialah pustakawan referensi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pustakawan pada layanan referensi UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry belum mampu dalam menggunakan indeks Al-Quran dengan baik, khususnya dalam hal teknis/langkah-langkah penggunaan kitab Fathurrahman Li Thalibi Ayatil Quran dan Mu’jam Al-Mufahras Li Alfaz Al-Quran Al-Karim. Untuk kitab Fathurrahman Li Thalibi Ayatil Quran pustakawan belum mampu dalam menghindari kata-kata yang harus dihindari saat melakukan pencarian ayat Al-Quran, belum mampu melakukan pencarian mengikuti urutan sesuai huruf hijaiyah, belum mampu mengetahui kosakata berbentuk fi’il madhi disebutkan bersama kosakata lain yang masih satu akar kata, disebutkan nama surat disertai nomor tertentu sebagai petunjuk dari nomor ayat yang mengandung kosakata, dan belum mampu menunjukkan simbol singkatan dari surah yang dicari. Serupa dengan kitab Mu’jam Al-Mufahras Li Alfaz Al-Quran Al-Karim pustakawan belum mampu melakukan pencarian mengikuti urutan sesuai huruf hijaiyah, dan belum mengetahui kosakata/ayat yang dicari tersusun berdasarkan urutan Makkiyah dan Madaniyyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Dian Uswatun Hasanah Sy.R
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:24
Last Modified: 10 Jan 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34620

Actions (login required)

View Item
View Item