Kinerja Sekretariat Dewan Dalam Memfasilitasi Tugas – Tugas Dprk Aceh Selatan

Tiara Khania Ramadhini, 190802110 (2023) Kinerja Sekretariat Dewan Dalam Memfasilitasi Tugas – Tugas Dprk Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kinerja, Sekretariat DPRK] Text (Kinerja, Sekretariat DPRK)
Tiara Khania Ramadhini, 190802110, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Sekretariat DPRK Aceh Selatan sebagai suatu instansi pemerintahan yang bergelut di bidang pelayanan kemasyarakatan melalui penampungan aspirasi dewan. Salah satunya adalah memberikan pelayanan aktif kepada DPRK . Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk dari amanah UUD 1945 serta untuk mewujudkan pelayanan yang prima. Adapun rumusan masalah yang diangkat ke permukaan adalah bagaimana kinerja Sekretariat Dewan dalam mendukung tugas – tugas DPRK Aceh Selatan dan bagaimana kinerja Sekretariat Dewan dalam memfasilitasi penyelenggaraan kebutuhan anggaran dewan Aceh Selatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja sekretariat dewan dalam mendukung dan memfasilitasi tugas – tugas dewan Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualititatif deskriptif dengan memanfaatkan informan penelitian dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan analisa dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Sekretariat DPRK Aceh Selatan dalam mendukung tugas – tugas kedewanan khususnya dibidang pelayanan belum memadai. Rendahnya kemampuan aparatur di Sekretariat DPRK Aceh Selatan dalam memahami tugas dan fungsinya sebagian besar disebabkan karena belum adanya perencanaan pengembangan sumber daya manusia yang sistematis dan terus menerus. Sedangkan kinerja Sekretariat dewan dalam memfasilitasi kebutuhan anggaran dewan telah dijalankan sebagaimana mestinya. Bagian keuangan yang akan mengelola anggaran di Sekretariat DPRK Aceh Selatan yang berorientasi pada prolekda budgeting dan pengawasan dewan terhadap roda pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan dengan mempedomani rencana kerja tahunan yang dibuat per 5 tahun dengan penentuan pelaksanaan tugas rencana strategis 1 tahunan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Tiara Khania Ramadhini Tiara
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:22
Last Modified: 10 Jan 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34621

Actions (login required)

View Item
View Item