Pengelolaan Arsip Inaktif Pada Bagian Umum Inspektorat Aceh

Nisrina, 180802143 (2023) Pengelolaan Arsip Inaktif Pada Bagian Umum Inspektorat Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan Arsip Inaktif Pada Bagian Umum Inspektorat Aceh] Text (Pengelolaan Arsip Inaktif Pada Bagian Umum Inspektorat Aceh)
Revisi Sidang Nisrina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kearsipan adalah hal-hal yang berkenaan dengan arsip. Sedangkan Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Arsip inaktif adalah arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme pengelolaan arsip inaktif pada bagian umum Inspektorat Aceh dan sarana dan prasarana arsip pada bagian umum Inspektorat Aceh dalam pengelolaan arsip inaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan arsip pada bagian umum Inspektorat Aceh sudah berjalan dengan baik, arsip yang masih aktif terletak pada rak kearsipan di bagian umum, setelah 5 tahun dinaikkan ke records center untuk disimpan. Secara umum pengelolaan arsip inaktif pada bagian umum Inspektorat Aceh sudah mengacu pada standar Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 tentang kearsipan. Akan tetapi pengelolaan arsip inaktif belum sepenuhnya terlaksana dengan optimal karena kurangnya SDM dari jumlah arsip yang melebihi SDM yang ada. Untuk sarana dan prasarana arsip pada bagian umum Inspektorat Aceh dalam pengelolaan arsip inaktif juga sudah memadai dan sejauh ini standar ruangan penyimpanan arsip masih terjaga dengan baik dan sesuai standar yang berlaku. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan arsip inaktif pada bagian umum Inspektorat Aceh sudah berjalan dengan baik sesuai prosedur yang ada dengan sarana dan prasarana yang memadai dan hanya terdapat kendala dalam jumlah SDM atau arsiparis yang bertugas sebagai pengelola arsip.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Nisrina Nisrina
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:21
Last Modified: 10 Jan 2024 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34622

Actions (login required)

View Item
View Item