Evaluasi Program Jaminan Kesehatan (Studi Kasus Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit Tengku Chik Di Tiro Sigli)

Luthfia, 190802065 (2024) Evaluasi Program Jaminan Kesehatan (Studi Kasus Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit Tengku Chik Di Tiro Sigli). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Evaluasi Program Jaminan Kesehatan (Studi Kasus Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit Tengku Chik Di Tiro Sigli)] Text (Evaluasi Program Jaminan Kesehatan (Studi Kasus Pasien Pengguna BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit Tengku Chik Di Tiro Sigli))
Luthfia, 190802065, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Masalah kesehatan merupakan tanggungjawab bersama baik pemerintah maupun masyarakat. Pemerintah dituntut untuk mampu menciptakan suatu sistem pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas. Kesehatan mempunyai peranan penting dalam hidup masyarakat, karena kesehatan merupakan aset kesejahteran badan, jiwa, dan sosial bagi setiap individu. Pelaksanaan jaminan kesehatan nasional berprinsip membentuk kesetaraan untuk masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Jaminan kesehatan mengupayakan semua masyarakat sama-sama memilik hak dalam mendapatkan akses pada pelayanan kesehatan yang aman juga terjangkau untuk semua pelayanan kesehatan. Pada pelaksana jaminan kesehatan, BPJS kesehatan sebagai pengelola penanggungjawaban dalam pembayaran pelayanan kesehatan kepada fasilitas kesehatan tingkat lanjut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pelayanan jaminan kesehatan upaya yang diselenggarakan secara bersama-sama dalam sebuah organisasi untuk memelihara juga meningkatkan kesehatan, mencegah serta menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan seluruh pasien yang terdaftar di Rumah Sakit. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan dan standar dalam pelayanan kesehatan masih efektif namun demikian masih terus adanya upaya dari pemerintah untuk memberikan yang terbaik kepada pasien.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan pelayanan kesehatan, standar pelaksanaan kesehatan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Luthfia Luthfia
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:22
Last Modified: 10 Jan 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34624

Actions (login required)

View Item
View Item