Hubungan Penyesuaian Diri Dengan School Well-Being Pada Santri Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar

Mohd. Nazarrudin, 180901125 (2023) Hubungan Penyesuaian Diri Dengan School Well-Being Pada Santri Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Penyesuaian Diri Dengan School Well-Being Pada Santri Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar] Text (Hubungan Penyesuaian Diri Dengan School Well-Being Pada Santri Dayah Darul Muta’allimin Aceh Besar)
Mohd Nazarrudin, 180901125, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Salah satu konstruk psikologi yang membahas penilaian subjektif siswa terhadap keadaan sekolahnya adalah school well-being yang dikembangkan oleh Konu dan Rimpela (2002). school well-being adalah penilaian subjektif siswa terhadap keadaan sekolahnya sebagai sebuah keadaan yang memungkinkan siswa untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan penyesuaian diri dengan school well-being pada santri dayah darul muta’allimin Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korealasional. Alat ukur penelitian ini yaitu skala penyesuaian diri dan skala school well-being. Jumlah populasi adalah sebanyak 897 santri dengan jumlah sampel sebanyak 247 serta subjek penelitian yang terkumpul sebanyak 253 santri. Pengambilan sampel adalah dengan menggunakan sampling kuota. Hasil penelitian diperoleh nilai uji koefisien korelasi (r) = 0,838 dengan p = 0,00 yang menandakan bahwa terdapat hubungan penyesuaian diri dengan school well-being pada santri dayah darul muta’allimin Aceh Besar. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Mohd. Nazarrudin Nazar
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:30
Last Modified: 10 Jan 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34631

Actions (login required)

View Item
View Item