Peran Dinas Kependudukan dalam Pelayanan Akta Cerai di Kabupaten Nagan Raya

Mita, 190802102 (2023) Peran Dinas Kependudukan dalam Pelayanan Akta Cerai di Kabupaten Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pelayanan, Disdukcapil, Akta Cerai] Text (Pelayanan, Disdukcapil, Akta Cerai)
Mita, 190802102, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan sebuah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas pencatatan peristiwa-peristiwa penting mayarakat antara lain adalah pencatatan perceraian. Selain pengurusan ke Mahkamah Syari’ah Masyarakat juga berkewajiban mengurus akta perceraian di kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil. Akta cerai merupakan sebuah dokumen penting yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang baik Pengadilan Agama maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebagai bukti bahwa pihak yang bersangkutan baik telah resmi bercerai secara hukum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan dan kendala yang dihadapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terhadap pelayanan akta cerai di Kabupaten Nagan Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, peran Disdukcapil Nagan Raya dalam memberikan pelayanan akta cerai masih belum berjalan sesuai aturan yang berlaku. Hal tersebut dikarenakan minimnya wawasan masyarakat terkait dengan pengurusan pencatatan sipil kepada Disdukcapil. Pihak Disdukcapil senantiasa melakukan sosialisasi terkait pentingnya pendataan perceraian ke negara. Namun, hal tersebut masih belum dapat menarik perhatian masyarakat untuk melakukan pendataan di Disdukcapil. Adapaun Kendala lainnya yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan akta cerai di Kabupaten Nagan Raya adalah pada sistem jaringan ketika proses upload data yang tergolong masih lambat. Hal ini menjadi salah satu penghambat bagi masyarakat dan staf yang bekerja di Disdukcapil. Selain itu, pemadaman listrik juga sering terjadi di kantor Disdukcapil Nagan Raya sehingga memperlambat pelayanan. Lambatnya pelayanan yang diakibatkan oleh jaringan adalah dikarenakan kawasan Dinas berdekatan dengan kawasan perkebunan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mita Mita
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:22
Last Modified: 10 Jan 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34632

Actions (login required)

View Item
View Item