Hubungan Self Control Dengan Perilaku Phubbing Pada Siswa SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya

M. Reza, 180901032 (2023) Hubungan Self Control Dengan Perilaku Phubbing Pada Siswa SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Self Control Dengan Perilaku Phubbing Pada Siswa Sma Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya] Text (Hubungan Self Control Dengan Perilaku Phubbing Pada Siswa Sma Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya)
Lengkap REZA SKRIPSI SELF CONTROL DENGAN PHUBBING.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Perilaku phubbing merupakan perilaku mengabaikan orang lain karena memfokuskan diri pada gadget, sehingga mengganggu proses komunikasi dan interaksi sosial. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku phubbing adalah self control. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self control dengan perilaku phubbing pada Siswa SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Alat ukur dalam penelitian ini disusun oleh peneliti yaitu skala self control berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Averill, serta skala perilaku phubbing berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Karadaǧ dkk. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 161 Siswa SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode probility sampling dengan teknik simple random sampling. Uji hipotesis menggunakan product moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar -0,716dengan taraf signifikansi (p) = 0,000 yang menunjukkan bahwa adanya hubungan signifikan antara variabel Self control dengan perilaku phubbing, dan menunjukkan hubungan yang negatif. Artinya, semakin tinggi self control maka semakin rendah pula perilaku phubbing, sebaliknya semakin rendah self control maka semakin tinggi pula perilaku phubbing pada siswa SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: M. Reza Reza
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:30
Last Modified: 10 Jan 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34634

Actions (login required)

View Item
View Item