Implementasi Qanun Kabupaten Aceh Timur Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Tuha peut Gampong (TPG) Dalam Perspektif Siyasah Dusturiyyah (Studi di Gampong Buket Kuta Kecamatan Peudawa Kabupaten Aceh Timur)

Maisy Hayatul Ridha, 190105045 (2023) Implementasi Qanun Kabupaten Aceh Timur Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Tuha peut Gampong (TPG) Dalam Perspektif Siyasah Dusturiyyah (Studi di Gampong Buket Kuta Kecamatan Peudawa Kabupaten Aceh Timur). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi, Tuha Peut Gampong, Qanun Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Tuha Peut Gampong] Text (Implementasi, Tuha Peut Gampong, Qanun Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Tuha Peut Gampong)
Maisy Hayatul Ridha, 190105045, FSH, HTN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berlakunya Qanun Kabupaten Aceh Timur Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Tuha Peut Gampong (TPG) menyatakan bahwa peran tuha peut gampong salah satunya ialah membahas dan menyepakati rancangan Qanun Gampong bersama Keuchik. Adapun peran Tuha Peut Gampong tersebut menjadi permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan tidak diterapkan di Gampong Buket Kuta, Kecamatan Peudawa Kabupaten Aceh Timur, namun sampai sekarang tidak ada rancangan Qanun di gampong tersebut. Maka dari itu penulis ingin melihat bagaimana Implementasi Qanun Kabupaten Aceh Timur Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Tuha Peut dalam perancangan Qanun Gampong di Gampong Buket Kuta, Kecamatan Peudawa Kabupaten Aceh Timur dan tinjauan dari siyasah dusturiyyah tentang pelaksanaan peran Tuha Peut Gampong dalam perancangan Qanun di Gampong Buket Kuta. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Tuha Peut mempunyai tugas penting yaitu merancang Qanun Gampong bersama keuchik dan perangkat gampong lainnya. Pentingnya penyusunan Qanun Gampong selaras dengan amanat Qanun Kabupaten Aceh Timur Nomor 8 tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Peraturan di gampong. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum, tertib administrasi dan kebutuhan masyarakat gampong atas peraturan perundang-undangan di tingkat gampong. Terkait dengan implementasi Qanun Nomor 4 Tahun 2018, peran Tuha Peut yang ada di Gampong Buket Kuta mendapatkan hambatan dan kendala dalam menjalankan perannya sehingga beberapa hal tidak dapat dijalankan dengan efektif. Maka dari itu, tinjauan siyasah dusturiyyah terhadap tuha peut dalam perancangan Qanun gampong telah sesuai dengan konsep syura karena dalam mekanismenya menggunakan musyawarah dalam menjalankan perannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Maisy Hayatul Ridha Maisy
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:02
Last Modified: 10 Jan 2024 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34636

Actions (login required)

View Item
View Item