Peran Gerakan Imunisasi Dan Stunting Aceh Dalam Penanganan Stunting Di Aceh Barat Daya

Sulviana, 190802093 (2023) Peran Gerakan Imunisasi Dan Stunting Aceh Dalam Penanganan Stunting Di Aceh Barat Daya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Gerakan Imunisasi Dan Stunting Aceh  Dalam Penanganan Stunting Di Aceh Barat Daya] Text (Peran Gerakan Imunisasi Dan Stunting Aceh Dalam Penanganan Stunting Di Aceh Barat Daya)
SKRIPSI AKHIR SULVIANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Aceh Barat Daya merupakan salah satu Kabupaten dengan angka Stunting yang cukup tinggi. Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya mencatat dari Januari-Agustus 2022 jumlah anak yang mengalami Stunting di Aceh Barat Daya mencapai 927 kasus. Upaya mempercepat penurunan Stunting di Aceh Barat Daya adalah memperkuat sinergis dan kolaborasi lintas sektor terkait. Pelibatan dinas terkait, LSM serta gerakan di tingkat provinsi, hingga ke level kabupaten/kota namun belum menunjukkan signifikansi penurunan Stunting di Kabupaten Aceh Barat daya. Melalui Peraturan Gubernur nomor 14 tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi di Aceh, dengan dibentuknya GISA (gerakan Imunisasi dan stunting Aceh). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peran GISA dalam penanganan stunting di Kabupaten Aceh Barat Daya. Kedua, bagaimana peluang dan hambatan gerakan Stunting di Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data dilakukan melaui wawancara mendalam, observasi maupun studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, penanganan stunting yang telah berhasil diimplementasikan dari Peraturan Gubernur Nomor 14 Tahun 2019 sudah berjalan dengan baik, itu dibuktikan dengan angka stunting yang menurun dan juga degan suksesnya beberapa program pendukung, gerakan penanganan stunting dilakukan melalui program gizi terpadu, sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), serta ketahanan pangan berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gerakan penanganan stunting atau yang dikenal GISA dilaksanakan melalui program penanganan stunting secara terpadu dan bersinergi dengan lintas sektor untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.6 Kegiatan pemerintah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363 Masalah dan pelayanan sosial lainnya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sulviana Sulviana
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:23
Last Modified: 10 Jan 2024 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34639

Actions (login required)

View Item
View Item