Persepsi Masyarakat Terhadap Objek Wisata Pulau Dua (Studi Di Gampong Ujung Pulo Rayeuk Kecamatan Bakongan Timur Aceh Selatan)

Rinaldi Aulia Rahman, 180404020 (2024) Persepsi Masyarakat Terhadap Objek Wisata Pulau Dua (Studi Di Gampong Ujung Pulo Rayeuk Kecamatan Bakongan Timur Aceh Selatan). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Persepsi Masyarakat Terhadap Objek Wisata Pulau Dua (Studi Di Gampong Ujung Pulo Rayeuk Kecamatan Bakongan Timur Aceh Selatan)] Text (Persepsi Masyarakat Terhadap Objek Wisata Pulau Dua (Studi Di Gampong Ujung Pulo Rayeuk Kecamatan Bakongan Timur Aceh Selatan))
Rinaldi Aulia Rahman, 180404020, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Gampong Ujong Pulo Rayeuk, Kecamatan Bakongan Timur, Kabupaten Aceh Selatan terhadap objek wisata Pulau Dua dan apa-apa saja faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap objek wisata Pulau Dua. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah hasil penelitian yang tidak boleh di olah secara statistik melainkan mengungkapkan pemikiran atau wawasan dengan data yang diperoleh bedasarkan masalah yang diteliti. Masyarakat Gampong Ujong Pulo Rayeuk melihat Pulau Dua sebagai harta karun lokal dan warisan alam yang harus dijaga. Pulau Dua memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat setempat, terutama bagi nelayan. Pekerjaan sampingan seperti mengantarkan wisatawan ke Pulau memberikan penghasilan tambahan yang signifikan, yang membantu dalam meningkatkan kesejahteraan mereka. Masyarakat mengakui kerja sama dengan pemerintah setempat dalam membangun fasilitas wisata sederhana, yang berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi daerah. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa transportasi ke Pulau Dua masih menggunakan perahu tradisional, dan tidak ada speed boat, meskipun telah ada kerja sama dengan pemerintah. Masyarakat berharap agar pemerintah menyediakan transportasi yang lebih aman dan nyaman. Persepsi Masyarakat Terhadap Objek Wisata Pulau Dua adalah destinasi wisata yang menjanjikan dengan potensi besar, tetapi pengembangan pariwisata di pulau ini harus selalu memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan, termasuk pelestarian lingkungan, aspek sosial dan budaya, dan keberlanjutan ekonomi. Faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap objek wisata Pulau Dua dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk aksesbilitas, kondisi sosial, ekonomi, budaya, agama dan kualitas dan kondisi objek wisata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rinaldi Aulia Rahman
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:30
Last Modified: 10 Jan 2024 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34640

Actions (login required)

View Item
View Item