Penguatan Karakter Religius Melalui Pembinaan Shalat Berjamaah Siswa SMA Negeri 1 Kota Jantho Aceh Besar

Cut Rachmina Masyitah, 190201044 (2023) Penguatan Karakter Religius Melalui Pembinaan Shalat Berjamaah Siswa SMA Negeri 1 Kota Jantho Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penguatan Karakter Religius Melalui Pembinaan Shalat Berjamaah Siswa SMA Negeri 1 Kota Jantho Aceh Besar] Text (Penguatan Karakter Religius Melalui Pembinaan Shalat Berjamaah Siswa SMA Negeri 1 Kota Jantho Aceh Besar)
skripsi lengkap cut rachmina cetak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu sebagian dari peserta didik melaksanakan shalat zuhur berjamaah dengan main-main dan bersenda gurau. Karakter Religius merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa di sekolah. Keberhasilan Penguatan karakter religius melalui pembinaan shalat berjamah sangat berpengaruh terhadap karakter siswa dan tidak terlepas dari penguatan yang diberikan oleh guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana karakter religius pada siswa, (2) mengetahui bagaimana pelaksanaan shalat berjamaah, dan (3) mengetahui bagaimana penguatan karakter religius pada siswa di SMA Negeri 1 Kota Jantho melalui pelaksanaan shalat berjamaah. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix metods, dengan perolehan data melalui angket, wawancara dan observasi. Sampel dalam penelitian terdiri dari 30 orang siswa, 1 orang guru PAI, dan 1 orang kepala sekolah yang aktif melakukan pembinaan karakter religius. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa karakter religius siswa SMA Negeri 1 Kota Jantho Aceh Besar mencapai persentase 89% yaitu sebagian besar. Hasil persentase pelaksanaan shalat berjamaah di SMA Negeri 1 Kota Jantho Aceh Besar mencapai 94% yaitu sebagian besar. Hasil persentase penguatan karakter religius pada siswa di SMA Negeri 1 Kota Jantho Aceh Besar melalui pelaksanaan Shalat berjamaah mencapai 91% yaitu sebagian besar. Adapun karakter siswa SMA Negeri 1 Kota Jantho yaitu melaksanakan shalat secara berjamaah, melaksanakan shalat wajib 5 waktu, melaksanakan shalat sunnah, membaca do’a ketika melakukan kegiatan sehari-hari, berbuat dan berkata baik kepada kedua orang tua, membantu kedua orang tua, berbuat baik kepada semua orang, menjenguk orang sakit, memberi salam kepada sesama muslim, bersedekah, dan tidak membicarakan keburukan orang lain. Pelaksanaan shalat berjamaah di SMA Negeri 1 Kota Jantho yaitu shalat berjamaah dilakukan dengan mengikuti imam, shalat berjamaah dilaksanakan di mushalla, shalat berjamah terdiri dari imam tetap dan imam cadangan, shalat berjamaah dilaksanakan setelah KBM, shalat berjamaah dilaksanakan sesuai dengan saf shalat masing-masing, setelah shalat berjamaah membaca do’a dan zikir. Penguatan karakter religius melalui shalat berjamaah yaitu menambahkan ilmu pengetahuan siswa, memberikan pengaruh positif bagi siswa, menjadikan siswa disiplin, rajin dalam melaksanakan ibadah shalat wajib dan shalat Sunnah dan mampu mencegah siswa melakukan perbuatan keji dan mungkar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat > 2X4.123 Shalat Jama'ah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cut Rachmina Masyitah Cut
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:33
Last Modified: 10 Jan 2024 03:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34646

Actions (login required)

View Item
View Item