Desain Kamus Saku Bergambar Untuk Mengajarkan Keterampilan Berbicara Di Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar

Zawil Qu’ada, 210202186 (2024) Desain Kamus Saku Bergambar Untuk Mengajarkan Keterampilan Berbicara Di Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Desain Kamus Saku Bergambar Untuk Mengajarkan Keterampilan Berbicara Di Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar] Text (Desain Kamus Saku Bergambar Untuk Mengajarkan Keterampilan Berbicara Di Dayah Insan Qur’ani Aceh Besar)
Zawil Qu'ada, 210202186, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Dayah Insan Qur’ani masih belum menjadikan kamus sebagai media pendukung dan belum menyediakan kamus saku yang inovatif untuk memudahkan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain kamus saku bergambar berbasis hiwar untuk pembelajaran Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan teori Borg and Gall yang disajikan oleh Sugiono. Penelitian ini menggunakan 5 langkah yaitu: 1) Analisis kebutuhan dan masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 4) Validasi Produk 5) Perbaikan Produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara & angket. Sampel dan informan penelitian yang digunakan adalah 29 siswa, 1 guru dan 6 dosen. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan teori Miles & Hubberman dan analisis kuantitatif dengan persentase (%). Hasil penelitian adalah: 1) Tidak ada media pendukung dalam bentuk kamus yang digunakan di dalam pembelajaran Bahasa Arab dan kitab yang dipakai sebagai sumber belajar kurang menarik dan tidak berwarna. Perlu dihasilkan kamus saku sebagai pendukung pembelajaran Bahasa Arab. 2) Data yang digunakan untuk desain kamus materi ajar dan aplikasi desain yaitu canva, word & pinterest. 3) telah dihasilkan desain kamus saku yang inovatif. 4) hasil validasi aspek isi, bahasa dan desain bahwa kamus saku yang didesain telah layak untuk digunakan dengan saran perbaikan minor. 5) Telah menghasilkan kamus saku yang menarik, inovatif dan mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zawil Qu’ada
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:52
Last Modified: 10 Jan 2024 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34650

Actions (login required)

View Item
View Item