Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Hasil Belajar pada Materi Ikatan Kimia di SMA Islam Al-Falah

Meri Afnidar, 291223267 (2019) Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Hasil Belajar pada Materi Ikatan Kimia di SMA Islam Al-Falah. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment,   Technology and Society) Terhadap Hasil Belajar pada Materi Ikatan Kimia di SMA Islam Al-Falah] Text (Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Hasil Belajar pada Materi Ikatan Kimia di SMA Islam Al-Falah)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran kimia yang dilakukan di SMA Islam Al-Falah cenderung menggunakan metode ceramah dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari, siswa kesulitan memahami konsep materi, sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa ikatan kimia dan aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan SETS dengan siswa yang dibelajarkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Al-Falah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI-IPA2 sebagai kelas kontrol yang jumlah siswa keseluruhan 49 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan lembar observasi. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t dan pesentase. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas terhadap data dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdistribusi normal dan homogen. Setelah data berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh tHitung>tTabel yaitu t 3,31>t1,678 dengan (dk) = 23+26-2= 47 Berdasarkan pengujian tersebut, thitung>ttabel yaitu t4,076>t1,678, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa dengan menggunakan pendekatan SETS memperoleh nilai kategori sangat tinggi dengan persentase rata-rata pengamat adalah 90,91%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan SETS berpengaruh terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa dan dapat diterapkan pada materi ikatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Meri Afnidar Meri
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:02
Last Modified: 10 Jan 2024 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34658

Actions (login required)

View Item
View Item