Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Implementasi Anggaran Dana Desa Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Samadua Aceh Selatan)

Novria Saputri, 211008037 (2024) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Implementasi Anggaran Dana Desa Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Samadua Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pemberdayaan Ekonomi] Text (Pemberdayaan Ekonomi)
Novria Saputri, 211008037, PASCA, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (46MB)

Abstract

Program pemberdayaan ekonomi di Kecamatan Samadua belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat. Hampir seluruh desa di Kecamatan Samadua hanya menjalankan program ketahanan pangan dan hewani sebagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan persentase dibawah 20% sedangkan di PERBUB ditetapkan paling sedikit 20%, program BUMG hanya bererapa desa yang sudah merealisasikan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini ada beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyaji data, penyimpulan verifikasi. Jumlah desa dalam penelitian ini adalah 14 desa dari 28 desa di Kecamatan Samadua. Hasil penelitian ini menyatakan implementasi pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kecamatan Samadua belum sepenuhnya sesuai dengan perspektif ekonomi Islam karena pendistribusian hasil pemberdayaan ekonominya belum sesuai dengan prinsip keadilan, amanah, akuntabilitas, keseimbangan, dan kepemilikan belum terletak pada kemaslahatan masyarakat namun sudah menjalankan prinsip tolong menolon

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Novria Saputri Novri
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:59
Last Modified: 10 Jan 2024 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34659

Actions (login required)

View Item
View Item