Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SD Negeri 5 Putri Betung Gayo Lues

Indah Karunia Bakti, 190201113 (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SD Negeri 5 Putri Betung Gayo Lues. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SD Negeri 5 Putri Betung Gayo Lues] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran PAI di SD Negeri 5 Putri Betung Gayo Lues)
INDAH SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tidak bervariasi dan monoton mengakibatkan peserta didik menjadi pasif dan bosan selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di SD Negeri 5 Putri Betung Gayo Lues. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi hasil belajar peserta didik pada materi puasa Ramadan kelas V di SDN 5 Putri Betung Gayo Lues dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi puasa Ramadan kelas V di SDN 5 Putri Betung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain pre-eksperimental design jenis one group pretest posttest. Hasil belajar peserta didik pada pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 42,69 dan pada posttest sebesar 68,46. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh peningkatan hasil belajar Pendidikan agama Islam peserta didik dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan kategori gain sedang yaitu 0, 4704. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% yaitu thitung > ttabel (7.833 > 2.060) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi puasa Ramadan kelas V di SD Negeri 5 Putri Betung Kabupaten Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Karunia Bakti Indah
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:33
Last Modified: 11 Jan 2024 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34673

Actions (login required)

View Item
View Item