Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

Nia Karmila Sari, 170901049 (2024) Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Skripsi Psikologi] Text (Skripsi Psikologi)
SKRIPSI_NIA KARMILA SARI_PSIKOLOGI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Prososial merupakan suatu perbuatan seseorang untuk menolong orang lain yang tidak mendapatkan keuntungan apapun bagi penolong. Tujuan penelitian ini adalah melihat hubungan kecerdasan emosi dengan perilaku prososial yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Pengambilan data menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala perilaku prososial. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Sampel penelitian 89 mahasiswa memakai metode sampel non-probabilitas dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian koefisisen korelasi (ρ) sebesar 0,791 dan P=0,024. Hal ini, menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku prososial pada mahasiswa Program Studi Ilmu Keperwatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Artinya bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin tinggi juga perilaku prososial, dan semakin rendah kecerdasan emosi maka semakin rendah juga perilaku prososialnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
100 Philosophy and Psychology > 170 Ethics, Moral Philosophy (Etika dan Filsafat Moral)
Depositing User: Nia Karmila Sari Nia
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:58
Last Modified: 10 Jan 2024 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34677

Actions (login required)

View Item
View Item