Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Perkembangan Self Confidence Anak Usia 4-5 Tahun di TK Barona Aceh Jaya

Wulan Dari, 180210078 (2023) Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Perkembangan Self Confidence Anak Usia 4-5 Tahun di TK Barona Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Perkembangan Self Confidence Anak Usia 4-5 Tahun di TK Barona Aceh Jaya] Text (Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Perkembangan Self Confidence Anak Usia 4-5 Tahun di TK Barona Aceh Jaya)
Skripsi_WULAN_Dari__180210078[1][1]_CETAK[1].pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Role playing adalah salah satu metode pembelajaran pada anak usia dini yang sering digunakan dalam proses belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode role playing adalah jenis aktivitas anak usia dini dalam memerankan peran yang dilakoni oleh anak sesuai dengan tema yang diangkat dalam pembelajaran. Pada TK Barona Aceh Jaya ditemukannya permasalahan perkembangan self confidence anak yang belum berkembang seperti anak tidak berani tampi depan kelas, anak tidak berani komunikasi dengan teman sebaya dan gurunya, anak tidak berani mendeskripsikan hasil karyanya di depan kelas. Untuk itu peneliti bertujuan melakukan penelitian untuk mengembangkan self confidence anak TK Barona Aceh Jaya melalui metode role playing di TK Barona. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental. Populasi pada penelitian ini kelas A dan sampel penelitian yaitu memakai sampel total yang berjumlah 8 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap perkembangan self confidence anak usia 4-5 tahun di TK Barona Aceh Jaya melalui hasil penelitian membuktikan bahwa hasil uji normalitas mendapatkan hasil normal lebih besar dari 0,05 dan uji hipotesis dengan jenis uji one Sampel T- Test diperoleh nilai 0,001 lebih kecil 0,05

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Wulan Dari Wulan
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:32
Last Modified: 11 Jan 2024 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34678

Actions (login required)

View Item
View Item