Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Express Bahari Mobile di Kota Banda Aceh

Syahila Indahsari, 170802125 (2023) Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Express Bahari Mobile di Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemudahan, Kebermanfaatan, Technology Acceptance Model] Text (Kemudahan, Kebermanfaatan, Technology Acceptance Model)
Syahila Indahsari, 170802125, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi Express Bahari Mobile di Kota Banda Aceh”. PT ASDP menerapkan sistem e-ticketing untuk pembelian tiket calon penumpang. Penerapan ini akan memudahkan pelanggan yang akan menggunakan jasa transportasi menjadi lebih nyaman dan praktis. Express Bahari melahirkan aplikasi yang bernama Express Bahari Mobile, merupakan aplikasi berbasis Android dan IOS untuk memudahkan masyarakat memesan tiket secara online. Hal ini bermanfaat untuk tidak terjadinya penumpukan penumpang di Pelabuhan. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana tingkat minat dalam penggunaan aplikasi Express Bahari Mobile di Kota Banda Aceh dengan menggunakan persepsi kemudahan penggunaan dan kebermanfaatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat atau pengguna jasa kapal Express Bahari yang berjumlah 100 responden. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan SPSS versi 24. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa persepsi kemudahan dan kebermanfaatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi Express Bahari Mobile di Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Syahila Indahsari Indah
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:04
Last Modified: 11 Jan 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34684

Actions (login required)

View Item
View Item