Konsep Kementerian di Indonesia dan Relevansinya dengan Teori Wizarah Tafwidl (Analisis Teori Wizarah Tafwidl Imam Al-Mawardi)

Rahma Fuji Lestari, 190105065 (2023) Konsep Kementerian di Indonesia dan Relevansinya dengan Teori Wizarah Tafwidl (Analisis Teori Wizarah Tafwidl Imam Al-Mawardi). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kementerian di Indonesia, Wizarah Tafwidl, Relevansi] Text (Kementerian di Indonesia, Wizarah Tafwidl, Relevansi)
Rahma Fuji Lestari, 190105065, FSH, HTN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Menteri negara adalah pejabat negara pembantu Presiden, diangkat dan diberhentikan serta bertanggung jawab kepada Presiden. Akan tetapi jika ditinjau dengan konsep Wizarah Tafwidl dengan konsep kementerian belum diketahui dengan jelas bagaimana konsep antar dua konsep ini serta ini bahwasanya apakah relevan digunakan pada konsep kementerian di Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep kementerian di Indonesia, dan bagaimana relevansi dengan konsep Wazir Tafwid menurut Imam Al-Mawardi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yaitu melalui studi perpustakaan dengan pendekatan deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian ini kementerian di Indonesia hanya memiliki satu konsep kementerian yang tergabung dalam satu kabinet yang dibentuk oleh Presiden sebagai kepala negara dan juga pemerintahan. Sesuai tugas dan tanggungjawabnya ada 3 kelompok bagian kementerian yang termasuk memiliki relevansi dengan dalam Wizarah Tafwidl yaitu, kementerian negara yang merupakan kelompok pertama atau kelompok 1, kelompok II yaitu kementerian yang menangani urusan pemerintahan yang ruang lingkupnya, kementerian ke IV yang termasuk pada Wazir Tafwidl yaitu menteri koordinator. Dan terakhir kesimpulan dari penelitian ini yaitu Kelembagaan Kementerian Negara telah di atur secara yuridis didalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2008 Tentang kementerian negara. Dan pada konsep Wizarah Tafwidl dengan konsep kementerian di Indonesia terdapat relevansi pada bagian tugas dan tanggungnya dalam mengurus pemerintahan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Rahma Fuji Lestari Rahma
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:06
Last Modified: 11 Jan 2024 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34685

Actions (login required)

View Item
View Item