Koherensi Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Gampong Teungoh Baroh, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie

Haris Aulia Rizki, 190404051 (2024) Koherensi Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Gampong Teungoh Baroh, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Koherensi Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Gampong Teungoh Baroh, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie] Text (Koherensi Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Gampong Teungoh Baroh, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie)
Haris Aulia Rizki, 190404051, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Partisipasi adalah keikutsertaan masyarakat dalam proses pengidentifikasian masalah dan potensi yang ada di masyarakat, pemilihan dan pengambilan keputusan tentang alternatif solusi untuk menangani masalah, pelaksanaan upaya menangani masalah, dan keterlibatan masyarakat dalam proses mengevaluasi perubahan yang terjadi. Maka dari itu perlunya koherensi masyarakat dalam pembangunan pada gampong tersebut. Pembangunan adalah suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah dan masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada dan mengimplementasikannya, maka pelaksanaan pembangunan di Gampong tidak terlepas dengan kerjasama antara pemerintah gampong dan masyarakat. Keterlibatan atau partisipasi masyarakat sangatlah penting demi terwujudnya hasil pembangunan. Pembangunan bertujuan untuk Meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup, taraf hidup dan kemandirian masyarakat. Untuk mengetahui bagaimana parsitipasi masyarakat dalam Pembangunan Di Gampong Teungoh Baroh, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie. maka dilakukanlah penelitian dengan judul “Koherensi Parsitipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Gampong Teungoh Baroh, Kecamatan Peukan Baro,Kabupaten Pidie.” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipasi masyarakat Gampong Teungoh Baroh dalam pembangunan gampong sudah ada banyaknya keterlibatan masyarakat walaupun masih ada masyarakat yang tidak hadir musyawarah perencanaan pembangunan karena faktor pekerjaan. Pembangunan infrastruktur gampong sangat penting guna untuk menunjang berjalannya kegiatan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu pada proses Pembangunan gampong sangat perlu untuk melibatkan partisipasi dari masyarakatnya karena partisipasi dari masyarakat sangat diperlukan dalam suatu proses pembangunan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Haris Aulia Rizki
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:07
Last Modified: 11 Jan 2024 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34687

Actions (login required)

View Item
View Item