Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Materi Sistem Gerak Pada Manusia di SMP Keumala Bhayangkari

Najla Annisa Putri Savira, 190207021 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Materi Sistem Gerak Pada Manusia di SMP Keumala Bhayangkari. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media, Media Berbasis Video Animasi, Sistem Gerak.] Text (Pengembangan Media, Media Berbasis Video Animasi, Sistem Gerak.)
Najla Annisa Putri Savira, 190207021, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kendala yang terjadi saat proses pembelajaran yaitu kurangnya media pendukung untuk diperlihatkan kepada siswa tentang materi sistem gerak dan kurangnya pemanfaatan fasilitas yang tersedia di SMP Keumala Bhayangkari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon guru terhadap media pembelajaran berbasis video animasi pada materi sistem gerak kelas VIII di SMP Keumala Bhayangkari. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE mengikuti tahapan Analysis, Design, Development. Objek dalam penelitian ini adalah respon guru. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket guru. Teknik analisis data dengan analisis respon guru menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon guru terhadap media pembelajaran berbasis video animasi diperoleh hasil sebanyak 95% dengan kriteria sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi pada materi sistem gerak di SMP Keumala Bhayangkari sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Najla Annisa Putri Savira
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:03
Last Modified: 11 Jan 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34694

Actions (login required)

View Item
View Item