Analisis Kondisi Sosial Ekonomi, Pemanfaatan Penghasilan Dan Peran Pemerintah Ditinjau Dari Maqashid Syariah (Studi Kasus: Buruh Migran Perempuan Batu Bata di Mukim Lambaro Angan Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar)

Budi Safriani, 160602132 (2022) Analisis Kondisi Sosial Ekonomi, Pemanfaatan Penghasilan Dan Peran Pemerintah Ditinjau Dari Maqashid Syariah (Studi Kasus: Buruh Migran Perempuan Batu Bata di Mukim Lambaro Angan Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sosial Ekonomi, Peran Pemerintah] Text (Sosial Ekonomi, Peran Pemerintah)
Budi Safriani, 160602132, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Di Lambaro Angan Kecamatan Darussalam, banyak ditemukan buruh migran perempuan bekerja di pabrik-pabrik pembuatan batu-bata kabupaten Aceh Besar yang berasal dari luar kabupaten Aceh Besar, bahkan dari luar Aceh. Income yang mereka peroleh seyogyanya dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan sesuai dengan ajaran Islam yang mengacu kepada konsep maqashid syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kondisi sosial ekonomi, pemanfaatan penghasilan dan peran pemerintah di wilayah migran Mukim Lambaro Angan. Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara. Jumlah informan dalam penelitian sebanyak 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buruh migran perempuan sudah cukup baik dalam mengelola penghasilan. Peran pemerintah terhadap terhadap buruh migran di Mukim Lambaro Angan dapat dilihat dari penyediaan fasilitas masjid, Pendidikan informal yang layak dan nyaman untuk digunakan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Budi Safriani Riani
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:05
Last Modified: 11 Jan 2024 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34709

Actions (login required)

View Item
View Item