Implementasi Kebijakan Izin Tinggal Terbatas Warga Negara Asing Di Kota Banda Aceh

Sarah Faradilla, 190802064 (2024) Implementasi Kebijakan Izin Tinggal Terbatas Warga Negara Asing Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Kebijakan Izin Tinggal Terbatas Warga Negara Asing Di Kota Banda Aceh] Text (Implementasi Kebijakan Izin Tinggal Terbatas Warga Negara Asing Di Kota Banda Aceh)
Sarah Faradilla, 190802064, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh dalam melakukan tugasnya terkait Implementasi Kebijakan Izin Tinggal Terbatas Warga Negara Asing mengikuti Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Peraturan Undang-undang Nomor 06 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah merupakan upaya dalam meningkatkan keamanan warga negara Indonesia dari Warga Negara Asing yang bisa saja melakukan tindakan kriminalitas atau tindakan lain yang mengandung unsur menganggu keamanan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sImplementasi Kebijakan Izin Tinggal Terbatas Warga Negara Asing di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui bentuk pengawasan Izin Tinggal Terbatas terhadap Warga Negara Asing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Izin Tinggal Terbatas Warga Negara Asing pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh sudah mengimplementasikan sesuai dengan Prosedur dan Regulasi yang berlaku. Hal ini ditandai dengan WNA yang akan masuk ke suatu wilayah wajib memiliki izin masuk dengan memperoleh Visa Terbatas terlebih dahulu, kemudian jika permohonan Visa disetujui maka WNA akan memperoleh Izin Tingal Terbatas yang akan diperoleh langsung di kantor Imigrasi, selanjutnya pihak Imigrasi juga melakukan pemberian pemahaman dalam bentuk sosialisasi kepada WNA terkait izin tinggal terbatas serta melakukan pengawasan berupa pengawasan administratif dan pengawasan lapangan dengan membentuk tim pengawasan kecil (skala kantor) dan pengawasan operasi gabungan bersama pihak terkait, upaya tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya pelanggaran terkait keimigrasian yang dilakukan oleh WNA.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Pengawasan, Imigrasi, Warga Negara Asing
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sarah Faradilla
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:18
Last Modified: 11 Jan 2024 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34714

Actions (login required)

View Item
View Item