Analisis Penggunaan Bahasa Sarkasme Dalam Konten Dakwah Pada Channel Youtube @Hawariyyun

Dara Julana, 200401008 (2024) Analisis Penggunaan Bahasa Sarkasme Dalam Konten Dakwah Pada Channel Youtube @Hawariyyun. Other thesis, Uin Ar-raniry.

[thumbnail of Analisis Penggunaan Bahasa Sarkasme Dalam Konten] Text (Analisis Penggunaan Bahasa Sarkasme Dalam Konten)
FILE SKRIPSI UNTUK CETAK DARA JULANA.pdf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Sarkasme merupakan sebuah bentuk komunikasi yang dapat menjadi bentuk humor atau cara untuk menyampaikan suatu pendapat dengan cara yang tidak terlalu formal atau kaku. Penggunaan sarkasme dapat menambah dimensi kecerdasan verbal dan memperkaya komunikasi, jika digunakan dengan bijaksana dan memperhatikan konteks serta pendengar yang sedang diajak berkomunikasi.. Sarkasme tidak hanya digunakan dalam kehidupan sehari – hari namun bisa ditemukan di platform media sosial salah satunya Youtube dan juga oleh berbagai bidang dan profesi diantaranya adalah dalam konten dakwah yang dimiliki oleh Alfa Abdurrahman dalam channel Youtubenya @hawariyyun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi serta jenis penggunaan bahasa sarkasme dalam konten dakwah yang disajikan oleh Alfa Abdurrahman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis isi kuantitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling pada konten hawariyyun periode 29 Juli – 23 September 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alfa Abdurrahman pada periode tersebut hawariyyun menghasilkan 12 dari 15 konten dakwah yang mengandung bahasa sarkasme dengan total populasi 32 Sampel. Terdapat dua jenis sarkas yang digunakan oleh Alfa Abdurrahman dalam channel youtubenya, hawariyyun dominan menggunakan jenis Dirty Sarcasme dengan jumlah 19 sampel (59,4%) dibandingkan dengan Smart Sarcasme yang berjumlah 13 sampel (40,6%). Saran dari peneliti untuk penelitian ini sebagai berikut: agar tetap memperhatikan penggunaan elemen sarkasme khususnya bagi seluruh mahasiswa yang berada dalam fakutas dakwah dan komunikasi dapat berkontribusi pada pemahaman strategi komunikasi dakwah di era digital, khususnya dalam menggunakan elemen sarkasme. Selain itu dapat memberikan wawasan bagi para da’i dan produsen konten dakwah mengenai efektivitas penggunaan sarkasme dalam menyampaikan pesan keagamaan pada platform youtube.
Kata kunci : Analisi Isi, Sarkasme, Konten Dakwah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 470 Latin Language (Bahasa Latin)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dara Julana
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:51
Last Modified: 11 Jan 2024 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34719

Actions (login required)

View Item
View Item