Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Di SMAN 12 Banda Aceh

Sahara Lufiza, 170207119 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Di SMAN 12 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan, LKPD, Sistem Pencernaan Makanan, Inkuiri    Terbimbing] Text (Pengembangan, LKPD, Sistem Pencernaan Makanan, Inkuiri Terbimbing)
Sahara Lufiza, 170207119, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu rancangan bahan ajar yang dirancang oleh guru demi tercapainya tujuan pembelajaran, dan memudahkan siswa dalam belajar terutama pada materi sistem pencernaan makanan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing, menganalisis hasil uji kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing, dan mengkaji hasil respon peserta didik terhadap LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan di SMAN 12 Banda Aceh. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development). Objek dalam penelitian ini adalah kelayakan dan respon peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi media, angket validasi materi, dan angket respon peserta didik menggunakan rumus persentase. Hasil pengembangan media pembelajaran LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Impementation, dan Evaluation. Hasil uji keseluruhan validasi ahli media dan ahli materi diperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Hasil keseluruhan nilai respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis LKPD berbasis inkuiri terbimbing diperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori sangat setuju. Sehingga dapat dinyatakan bahwa LKPD yang dihasilkan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sahara Lufiza Sahara
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:16
Last Modified: 11 Jan 2024 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34721

Actions (login required)

View Item
View Item