Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pengguna Terhadap Kemampuan Penelusuran Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Muhammad Miqdad Ramadhan F, 180503030 (2024) Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pengguna Terhadap Kemampuan Penelusuran Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pengguna Terhadap Kemampuan Penelusuran Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pengguna Terhadap Kemampuan Penelusuran Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Muhammad Miqdad Ramadhan F, 180503030, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pengguna Terhadap Kemampuan Penelusuran Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh." Tujuannya adalah untuk mengevaluasi pencapaian mata kuliah Pendidikan Pengguna dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa Ilmu Perpustakaan tentang penggunaan perpustakaan dan penelusuran informasi. Penelitian ini melibatkan 35 mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry, dengan 10 di antaranya diambil sebagai informan untuk wawancara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data deskriptif. Peneliti mewawancarai 1 orang dosen mata kuliah Pendidikan Pengguna dan mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah tersebut menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mampu mengimplementasikan keterampilan penelusuran informasi yang diajarkan dalam mata kuliah. Dampak positif dari mata kuliah tersebut terlihat dalam kemampuan mahasiswa dalam mencari, memilih, dan mengevaluasi informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Miqdad Ramadhan F
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:22
Last Modified: 11 Jan 2024 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34724

Actions (login required)

View Item
View Item