Peran Guru Dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini Di Paud IT Insan Madani Meukek Aceh Selatan

Sri Wahyuni, 190210056 (2024) Peran Guru Dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini Di Paud IT Insan Madani Meukek Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Guru Dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini Di Paud IT Insan Madani Meukek Aceh Selatan] Text (Peran Guru Dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini Di Paud IT Insan Madani Meukek Aceh Selatan)
Sri Wahyuni, 190210056, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Peran guru ialah perencana, pelaksanaan dan evaluator dalam proses pembelajaran mitigasi bencana PAUD. Peran guru secara umum yaitu informator, organisator, director, inisiator dan fasilitator. Mitigasi bencana pada anak usia dini adalah mengantisipasi serta pengenalan kesiapsiagaan bagi anak sebelum terjadi bencana maupun setelah terjadinya bencana untuk mengurangi resiko kerentanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengenalkan pendidikan mitigasi bencana pada anak usia dini dan dapat mengetahui apa saja hambatan guru dalam menerapkan pendidikan mitigasi bencana pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 2 guru TK B dan kepala sekolah di PAUD IT Insan Madani Meukek Aceh Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam mengenalkan pendidikan mitigasi bencana anak usia dini yaitu sebagai perencana, organisator, pelaksanaan dan informator, director serta sebagai fasilitator. Adapun peran guru yang tidak termasuk didalam pengenalan pendidikan mitigasi bencana yaitu guru sebagai inisiator. Selain itu hambatan guru dalam pendidikan mitigasi bencana yaitu guru lupa menulis refleksi harian pada saat proses evaluasi, guru belum mampu menangani peserta didik yang terlalu aktif dan guru harus menguasai bahasa yang sesuai dengan usia anak dalam mengenalkan pendidikan mitigasi bencana.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidikan Mitigasi Bencana, AUD
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:24
Last Modified: 11 Jan 2024 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34726

Actions (login required)

View Item
View Item