Pengembangan Video Animasi Kartun Berbasis Kine Master Dalam Pembelajaran Tematik Jenjang Sekolah Dasar

Fitria Ananda, 190209117 (2024) Pengembangan Video Animasi Kartun Berbasis Kine Master Dalam Pembelajaran Tematik Jenjang Sekolah Dasar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Video Animasi Kartun Berbasis Kine Master Dalam Pembelajaran Tematik Jenjang Sekolah Dasar] Text (Pengembangan Video Animasi Kartun Berbasis Kine Master Dalam Pembelajaran Tematik Jenjang Sekolah Dasar)
Fitria Ananda, 190209117, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran, dan terdapat siswa yang tidak memahami materi pembelajaran salah satunya materi tematik tema 8 subtema 1. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mendesain video animasi kartun berbasis kine master dalam pembelajaran tematik jenjang sekolah dasar; (2) untuk menilai kelayakan video animasi kartun berbasis kine master dalam pembelajaran tematik jenjang sekolah dasar; (3) untuk menilai kepraktisan video animasi kartun berbasis kine master dalam pembelajaran tematik jenjang sekolah dasar yang sedang dikembangkan oleh peneliti. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D), dengan menggunakan model Alesi dan Trollip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi kartun berbasis kine master dalam pembelajaran tematik jenjang sekolah dasar sudah memenuhi kategori sangat layak berdasarkan hasil validasi terhadap media, maka diperoleh skor 88% dan hasil validasi materi diperoleh skor 90% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan data kepraktisan video animasi kartun berbasis kine master diperoleh skor yaitu; guru kelas skor 95% dan peserta didik skor 86% dengan kriteria “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil penelitian maka media pembelajaran video animasi kartun berbasis kine master dalam pembelajaran tematik jenjang sekolah dasar sangat layak dan sangat praktis dikembangkan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitria Ananda
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:52
Last Modified: 11 Jan 2024 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34729

Actions (login required)

View Item
View Item