Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Akhlakul Karimah Pada Kalangan Remaja Di Desa Keude Unga Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya

Nailus Salamah, 190402027 (2023) Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Akhlakul Karimah Pada Kalangan Remaja Di Desa Keude Unga Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Akhlakul Karimah Pada Kalangan Remaja Di Desa Keude  Unga Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya] Text (Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Akhlakul Karimah Pada Kalangan Remaja Di Desa Keude Unga Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya)
skripsi nailus salamah 190402027.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Fenomena yang terjadi saat ini, masih banyak remaja yang terlalu sibuk bermain media sosial TikTok sehingga tanggung jawab mereka terhadap Allah dan sesama manusia sangat menurun bahkan hampir sama sekali tidak ada. Remaja di Desa Keude Unga sering berkata kasar, ketika orang tua suruh atau memanggilnya suka membantah, dan juga suka pamer atas kelebihan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak media sosial TikTok terhadap akhlakul karimah pada kalangan remaja dan cara dalam menanggulangi terhadap akhlak mazmumah pada kalangan remaja yang diakibatkan oleh penyalahgunaan media sosial TikTok di Desa Keude Unga Kecamatan Indra Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, informan penelitian berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak negatif media sosial TikTok terhadap akhlakul karimah pada kalangan remaja adalah banyak remaja tidak memiliki sikap sopan santun kepada orang yang lebih tua, mereka akan menganggap orang yang lebih tua sebaya dengan mereka baik dalam hal berbicara, cara duduk, cara berjalan di depan orang, suka berkata kasar dan suka membantah orang tua ketika orang tua memanggilnya atau menyuruhnya. Dan cara yang dilakukan oleh orang tua dalam menanggulangi terhadap akhlak mazmumah pada kalangan remaja yang diakibatkan oleh penyalahgunaan media sosial TikTok di Desa Keude Unga. Diantaranya: membagi waktu, memberikan pengarahan atau nasehat dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial dalam masyarakat untuk menanggulangi akhlak mazmumah dari penyalahgunaan media sosial TikTok. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan tidak terlalu lalai dan fokus dalam bermain atau membuka media sosial TikTok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nailus Salamah Nailus
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:51
Last Modified: 11 Jan 2024 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34731

Actions (login required)

View Item
View Item