Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Geometri Di Ra Tawar Sedenge Bener Meriah

Leni Elvina, 180210084 (2024) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Geometri Di Ra Tawar Sedenge Bener Meriah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Geometri Di Ra Tawar Sedenge Bener Meriah] Text (Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Geometri Di Ra Tawar Sedenge Bener Meriah)
Leni Elvina, 180210084, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 22 dan 23 agustus di RA Tawar Sedenge Bener Meriah terdapat beberapa anak yang belum mampu mengenal bentuk-bentuk geometri serta belum mampu menyebutkannya. Saat diberi pertanyaan kepada anak dengan menunjukkan kartu bentuk geometri, mereka hanya mengetahui bentuk bulat dan petak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan mengenal geometri di RA Tawar Sedenge Bener Meriah. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan suatu pendekatan pembelajaran dengan cara mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan situasi dunia nyata anak dan mendorong anak membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupanya. Adapun geometri merupakan bentuk-bentuk yang sering di jumpai anak seperti buku yang sama dengan persegi empat, dan lainnya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif experimen dengan jenis Pre-Experimental design. Hasil yang diperoleh dari penelitian dengan perolehan nilai uji thitung dan ttabel yang telah dilakukan diperoleh nilai ttabel adalah 1,74588. Jadi menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,61 > 1,83311, dengan demikian terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha yang artinya pendekatan Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap kemampuan mengenal geometri di RA Tawar Sedenge Bener Meriah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Leni Elvina
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:58
Last Modified: 11 Jan 2024 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34739

Actions (login required)

View Item
View Item