Strategi Penyuluh Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat Di Kampung Sungai Malai, Yan, Kedah, Malaysia

Asma Hanani Binti Adam, 190402080 (2024) Strategi Penyuluh Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat Di Kampung Sungai Malai, Yan, Kedah, Malaysia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Penyuluh Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat] Text (Strategi Penyuluh Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat)
SKRIPSI REVISI ASMA FIX.pdf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Asma Hanani Binti Adam, 190402080, Strategi Penyuluh Agama Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat di Kampung Sungai Malai, Yan, Kedah, Malaysia, Banda Aceh, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Prodi Bimbingan Konseling Islam, 2023.
Kesadaran beragama penting bagi setiap orang yang tinggal di Malaysia, karena Malaysia merupakan negara yang mempunyai berbagai agama. Islam memfokuskan pada penghayatan akidah, pelaksanaan ibadah, serta akhlak manusia. Penyuluh agama Islam sebagai pembimbing kegiatan keagamaan yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup bermasyarakat. Kegiatan penyuluhan agama bertujuan untuk meningkatkan kesadaran iman dan taqwa manusia kepada Allah Swt. Penyuluh agama berhadapan dengan berbagai macam masalah masyarakat, termasuk pengetahuan, pemahaman serta pengamalan masyarakat tentang agama. Dalam penelitian ini, kesadaran beragama masyarakat terbukti bahwa masyarakat masih ada yang duduk-duduk ketika azan, tidak menunaikan solat jumaat dan juga kurang mengikuti pengajian atau kegiatan keagamaan. Karena itu, diperlukan langkah oleh penyuluh agama dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat di Kampung Sungai Malai. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui indikator kondisi kesadaran beragama masyarakat di Kampung Sungai Malai, dan 2) Untuk mengetahui strategi penyuluh agama dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat di Kampung Sungai Malai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang yang terdiri dari dua penyuluh agama, ketua kampung dan lima orang masyarakat Kampung Sungai Malai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kondisi keasadaran beragama masyarakat Kampung Sungai Malai saat ini dalam pemahaman dan pengamalan nilai agama yang masih rendah, terlihat dari terbatasnya pengetahuan dan kemampuan masyarakat dalam memahami ajaran agama. Meskipun begitu, untuk memantapkan lagi ilmu agama yang ada, maka diperlukan unsur penyuluh agama dalam membantu memberi kesadaran beragama kepada masyarakat. Strategi yang digunakan penyuluh agama dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat di Kampung Sungai Malai adalah seperti adanya tazkirah atau ceramah, pengajian al-quran, memberi nasehat, praktek ibadah, tanya jawab, dan lain-lain.
Kata kunci: Penyuluh Agama, Kesadaran Beragama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Asma Hanani Adam
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:53
Last Modified: 12 Jan 2024 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/34754

Actions (login required)

View Item
View Item